Rabu, 06 April 2011

"SAYA DAPAT MEMBACA TULISAN INI"

Apakah Anda bisa membaca kalimat di atas? Bisa? Tentu saja kita dapat membacanya. Tapi tahukah Anda bahwa tulisan pertama kali diciptakan oleh bangsa SUMERIA pada 3500 SM? Kemudian pernahkan Anda berpikir bagaimana jadinya bila TS'AI LUN tidak menemukan kertas dan JOHANN GUTENBERG tidak menciptakan mesin cetak pertama? Jangan lupakan pula jasa LEWIS yang telah menciptakan pulpen. Tanpa mereka, tentunya kita akan mengalami kesulitan untuk menuangkan pikiran kita dalam bentuk tulisan dan mempublikasikannya secara luas.

Selanjutnya perkembangan teknologi sangat membantu kita dalam berkomunikasi. Oleh karena itu tidak ada salahnya bila kita mengingat kembali jasa GUGLIELMO MARCONI (ternyata namanya bukan Guilermo!!) yang telah menemukan radio dan telegraf, ALEXANDER GRAHAMBELL yang menciptakan telepon, maupun J.L. BAIRD dan C.F. JENKINS yang berhasil menciptakan televisi pada tahun 1920-an. Penemuan2 mereka lah yang menjadi titik tolak dari perkembangan teknologi komunikasi dan media elektronika.

Kurang lebih 40 tahun sebelum Bell dan telepon hasil karyanya, pada tahun 1830-an MICHAEL FARADAY berhasil menemukan induksi listrik elektromagnetik. Temuan ini sangatlah penting sebab tak terbayangkan rasanya hidup dapat berjalan baik tanpa kehadiran listrik. Berkaitan dengan temuan ini, THOMAS ALFA EDISON kemudian berhasil menciptakan lampu pijar yang menggunakan listrik sebagai sumber energinya pada tahun 1879.

Dari bidang transportasi mungkin Anda sudah pernah mendengar kemahsyuran ORVILLE dan WILBUR WRIGHT bersaudara. Mereka adalah para penemu pesawat yang telah berhasil melakukan penerbangan pertamanya pada 17 Desember 1903. Untuk jalur transportasi darat banyak sekali tokoh yang dianggap memberikan kontribusi penting, namun GOTTLICH DAIMLER adalah tokoh yang diklaim sebagai pencipta mobil pertama. Sementara NIKOLAUS AUGUST OTTO adalah penemu yang menciptakan mesin motor yang digunakan untuk menggerakan berbagai macam kendaraan.

Beralih ke sarana transportasi laut, ROBERT FULTON diketahui sebagai tokoh yang mengembangkan kapal uap. Pengembangan kapal uap ini tidak mungkin dilakukan apabila sebelumnya JAMES WATT tidak menemukan mesin uap pada tahun 1765. Penemuan sarana transportasi memang mengalami perkembangan yang sangat pesat hingga akhirnya pada tahun 1960-an, ARMSTRONG dan ALDRIN berhasil mendarat di bulan dengan menumpangi pesawat ulang alik Apollo yang terkenal. Sungguh pencapaian yang luar biasa!

Perkembangan teknologi memang tak kan pernah ada habisnya. Selama peradaban manusia masih ada di muka bumi ini, nampaknya para ilmuwan akan terus mengembangkan teknologi2 baru dengan tujuan mempermudah aktivitas manusia. Tulisan di atas hanya merupakan sekelumit dari banyak tokoh yang temuannya memegang peranan penting dalam kehidupan keseharian kita. Tentunya masih banyak tokoh penemu lainnya yang mustahil saya sebutkan satu persatu.

Akhir kata saya ingin mengajukan sebuai pertanyaan, "Berapa banyak dari tokoh2 di atas yang Anda yakin pernah mendengar/ tahu nama dan hasil temuannya? Lebih dari tujuh, kah?"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar